1. Dalam
menghadapi pesaing, sebuah perusahaan harus benar-benar tahu strategi yang baik
yang akan diterapkan pada perusahaan tersebut agar mampu bersaing dengan para
pesaingnya. Selain itu, perusahaan juga harus bisa menganalisis para
pesaingnya. Dari pernyataan diatas.
- a. MENURUT PENDAPAT ANDA, strategi yang bagaimana yang harus diterapkan agar sebuah perusahaan agar sebuah perusahaan bisa memenangkan persaingan dari para pesaingnya ? jelaskan dan berikan contoh untuk memperkuat jawaban anda!
- b. MENURUT PENDAPAT ANDA, bagaimanakah langkah-langkah dalam menganalisis pesaing tersebut? Jelaskan dan berikan contoh!
2. Bagi
sebuah perusahaan barang maupun perusahaan jasa, perusahaan merupakan hal yang
sangat vital. Untuk itu pilihlah paling sedikit tiga (3) faktor yang disebutkan
dibawah, kemudian jelaskan bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi
keberhasilan pemasaran sebuah perusahaan.
- Harga produk
- Merek
- Kualitas pesaing
- Tempat
- Konsumen
- Promosi
- Pangsa pasar
3. Bagaimana
pendapat anda tentang tren pemasaran saat ini?jelaskan!!
4. Menurut
pendapat anda bagaimana perkembangan teknologi khususnya di bidang internet
berpengaruh terhadap pemasaran? Jelaskan dan berikan contoh!
5. Perusahaan
meyakini bahwa pelanggan adalah pusat laba (profit center), oleh karena itu
perusahaan sebisa mungkin berusaha untuk melayani dan memuaskan pelanggan.
Pelanggan akan memilih produk yag dari perusahaan yang mereka anggap memberikan
nilai/value (ingat nilaitidak sama dengan harga)paling besar. Maka dalam soal
ini anda diminta untuk menjelaskan bagaimana kaitan dan pengaruh antara upaya
menciptakan nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggandengan keempat unsur dalam
marketing mix 4P (product, price, place,
promotion). Jabarkan jawaban anda!
Jawaban;
1. A.
Didalam persaingan sebuah perusahaan harus selalu meningkatkan inovasi produknya.
Sebagai contoh;
Samsung
selalu mengeluarkan produk baru mereka dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
B. Dalam menganalisis
pesaing kita harus menetahui nilai apa yang mereka jual kekonsumen. Contohnya;
Perusahaan Handphone samsung, mereka sudah memprediksikan bahwa akan ada banyak
perusahaan lain yang akan menjadi pesaing bagi mereka, bagaimanapun caranya
samsung harus bersiap untuk bersaing, nah inilah yang disebut dengan analisis.
2. A.
Merek
Merek
merupakan nilai yang sangat diperhatikan oleh konsumen karena sebuah merek (brand) menentukan kualitas sebuah produk.
B. Konsumen
Konsumen
adalah kunci dari berdirinya sebuah brand hebat, oleh karena itu konsumen
sangat berperan dalam pembentukan nilai produk.
C. Promosi
Promosi
adalah suatu pengenalan produk pada konsumen, jadi tanpa ada promosi maka
sebuah produk tak akan dikenal khalayak umum sehingga tidak akan tercipta nilai
yang kuat, jadi promosi merupakan hal yang sangat terpenting dalam pemasaran.
3. Tren
pemasaran dewasa ini sangat fantastis dengan persaingan antar brand ternama
bahkan sampai merek biasa yang berusaha merebut konsumen dengan cara dan
strategi masing-masing.
4. Peran
internet sudah sangat berpengaruh bagi pemasaran mulai dari iklan dan juga
online shop. \Sebagai contoh; tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com, lazada.co.id dll.
5. A.
Product (produk)
Untuk
menciptakan nilai suatu produk maka yang terpenting adalah produk yang dijual
harus disukai oleh konsumen dan menarik hati para konsumen. Oleh karena itu
harus dipersiapkan secara matang dalam menciptakan suatu produk untuk
memberikan nilai yang kuat dan selalu dicintai konsumen.
B. Place (penempatan)
Didalam dunia pemasaran tempat untuk kita memasarkan produk
haruslah tepat sesuai dengan klasifikasi para konsumen agar tidak terjadi
kerugian pada perusahaan. Didalam pembagian klasifikasi tersebut haruslah ada
segmenting, yaitu pembagian kategori konsumen berdasarkan elemen pembaginya,
misalnya berdasarkan jenis kelamin, jenis kulit, budaya dan kebiasaan, dan
lain-lain.
C. Price (harga)
Harga sebuah produk merupakan faktor yang rumit karena harus
sesuai dengan tempat dimana kita memasarkan produk tersebut. Untuk membuat
klasifikasi harga maka diperlukan analisis yang sempurna agar produk tersebut
bernilai dan sesuai keinginan konsumen.
D. Promotion (promosi)
Setiap
produk yang baru akan dibuat haruslah dipromosikan terlebih dahulu agar
konsumen tahu apa yang ditawarkan produk tersebut dan keistimewaan produk itu.
Tanpa adanya promosi tak akan mungkin sebuah produk bisa mendapatkan nilai yang
baik dimata konsumen.
Terimakasih sangat membantu banget
ReplyDeleteSangat membantu, terimakasih
ReplyDeleteThe best
ReplyDeleteThe best blog di kasih soal Ama guru jawaban nya di sini semua....
ReplyDeleteThe best blog di kasih soal Ama guru jawaban nya di sini semua....
ReplyDelete