Wednesday 19 October 2016

1.  Dalam menghadapi pesaing, sebuah perusahaan harus benar-benar tahu strategi yang baik yang akan diterapkan pada perusahaan tersebut agar mampu bersaing dengan para pesaingnya. Selain itu, perusahaan juga harus bisa menganalisis para pesaingnya. Dari pernyataan diatas.
  • a.       MENURUT PENDAPAT ANDA, strategi yang bagaimana yang harus diterapkan agar sebuah perusahaan agar sebuah perusahaan bisa memenangkan persaingan dari para pesaingnya ? jelaskan dan berikan contoh untuk memperkuat jawaban anda!
  • b.      MENURUT PENDAPAT ANDA, bagaimanakah langkah-langkah dalam menganalisis pesaing tersebut? Jelaskan dan berikan contoh!


2.      Bagi sebuah perusahaan barang maupun perusahaan jasa, perusahaan merupakan hal yang sangat vital. Untuk itu pilihlah paling sedikit tiga (3) faktor yang disebutkan dibawah, kemudian jelaskan bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi keberhasilan pemasaran sebuah perusahaan.
  • Harga produk
  • Merek
  • Kualitas pesaing
  • Tempat
  • Konsumen
  • Promosi
  • Pangsa pasar


3.      Bagaimana pendapat anda tentang tren pemasaran saat ini?jelaskan!!
4.  Menurut pendapat anda bagaimana perkembangan teknologi khususnya di bidang internet berpengaruh terhadap pemasaran? Jelaskan dan berikan contoh!
5.    Perusahaan meyakini bahwa pelanggan adalah pusat laba (profit center), oleh karena itu perusahaan sebisa mungkin berusaha untuk melayani dan memuaskan pelanggan. Pelanggan akan memilih produk yag dari perusahaan yang mereka anggap memberikan nilai/value (ingat nilaitidak sama dengan harga)paling besar. Maka dalam soal ini anda diminta untuk menjelaskan bagaimana kaitan dan pengaruh antara upaya menciptakan nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggandengan keempat unsur dalam marketing mix 4P (product, price, place, promotion). Jabarkan jawaban anda!


Jawaban;
1.      A. Didalam persaingan sebuah perusahaan harus selalu meningkatkan inovasi produknya. Sebagai contoh;
    Samsung selalu mengeluarkan produk baru mereka dengan kualitas yang lebih baik dari                       sebelumnya.

B. Dalam menganalisis pesaing kita harus menetahui nilai apa yang mereka jual kekonsumen. Contohnya; Perusahaan Handphone samsung, mereka sudah memprediksikan bahwa akan ada banyak perusahaan lain yang akan menjadi pesaing bagi mereka, bagaimanapun caranya samsung harus bersiap untuk bersaing, nah inilah yang disebut dengan analisis.

      2.      A. Merek
    Merek merupakan nilai yang sangat diperhatikan oleh konsumen karena sebuah merek (brand)             menentukan kualitas sebuah produk.

B. Konsumen
   Konsumen adalah kunci dari berdirinya sebuah brand hebat, oleh karena itu konsumen sangat              berperan dalam pembentukan nilai produk.

C. Promosi
    Promosi adalah suatu pengenalan produk pada konsumen, jadi tanpa ada promosi maka sebuah           produk tak akan dikenal khalayak umum sehingga tidak akan tercipta nilai yang kuat, jadi promosi     merupakan hal yang sangat terpenting dalam pemasaran.

3.    Tren pemasaran dewasa ini sangat fantastis dengan persaingan antar brand ternama bahkan sampai merek biasa yang berusaha merebut konsumen dengan cara dan strategi masing-masing.

4.      Peran internet sudah sangat berpengaruh bagi pemasaran mulai dari iklan dan juga online shop. \Sebagai contoh; tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com, lazada.co.id dll.

5.      A. Product (produk)
    Untuk menciptakan nilai suatu produk maka yang terpenting adalah produk yang dijual harus             disukai oleh konsumen dan menarik hati para konsumen. Oleh karena itu harus dipersiapkan secara     matang dalam menciptakan suatu produk untuk memberikan nilai yang kuat dan selalu dicintai           konsumen.

B. Place (penempatan)
      Didalam dunia pemasaran tempat untuk kita memasarkan produk haruslah tepat sesuai dengan klasifikasi para konsumen agar tidak terjadi kerugian pada perusahaan. Didalam pembagian klasifikasi tersebut haruslah ada segmenting, yaitu pembagian kategori konsumen berdasarkan elemen pembaginya, misalnya berdasarkan jenis kelamin, jenis kulit, budaya dan kebiasaan, dan lain-lain.

C. Price (harga)
      Harga sebuah produk merupakan faktor yang rumit karena harus sesuai dengan tempat dimana kita memasarkan produk tersebut. Untuk membuat klasifikasi harga maka diperlukan analisis yang sempurna agar produk tersebut bernilai dan sesuai keinginan konsumen.

D. Promotion (promosi)

      Setiap produk yang baru akan dibuat haruslah dipromosikan terlebih dahulu agar konsumen tahu apa yang ditawarkan produk tersebut dan keistimewaan produk itu. Tanpa adanya promosi tak akan mungkin sebuah produk bisa mendapatkan nilai yang baik dimata konsumen.   



5 comments:

Komentarnya disini

Join Facebook

Kontak Penulis

My photo
Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia

Terbanyak Di Baca !!!